KULIAH UMUM “PENGELOLAAN LAHAN KERING TROPIKA BASAH SECARA BERKELANJUTAN”

Tanggal 22 Februari 2020, Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lampung telah melangsungkan kegiatan kuliah umum yang bertema “Pengelolaan Lahan Kering Tropika Basah secara Berkelanjutan”. Kegiatan acara kuliah umum dilakukan di Gedung D 303A Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Tujuan dari kuliah umum ini yaitu meningkatkan wawasan mahasiswa dalam bidang perkebunan khususnya dalam mengelola lahan kering tropika basah secara berkelanjutan.

Pemateri pada kuliah umum ini yaitu Ir. Priyo Cahyono, M.M.P. Beliau bekerja di Perusahaan Great Giant Food sebagai Preject management Expert Dept. Consultan Result  Delivery Office (RDO). Beliau telah diakui kepakarannya tentang tema kuliah umum. Kegiatan kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Tanah dan Agroteknologi dengan berbagai angkatan. Jumlah peserta yang hadir dalam kuliah umum ini sebanyak 50 orang. Peserta yang hadir dalam kuliah umum ini antara lain: Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Jurusan Ilmu Tanah Universitas Lampung.

Acara kuliah umum di buka oleh Dekan Fakultas pertanian Universitas Lampung (Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.S.). Selanjutnya kegiatan ini dipandu oleh moderator (Dr. Ir. Afandi, M.P) sebagai pemandu acara kegiatan kuliah umum ini. Selanjutnya Ir. Priyo Cahyono, M.M.P  menyampaikan materi dengan tema “Strategi Pengelolaan Lahan Kering Tropika Basah untuk Tanaman Nanas (Ananas comosus L. Merr) menuju Pertanian yang Berkelanjutan pada Tanah Ultisol, Lampung Indonesia. Beliau memberikan gambaran tentang managemen pengelolaan lahan tropika basah di di PT. GGP. Salain itu beliau menjelaskan cara budidaya tanaman nanas baik dari pengolahan awal hingga panen nanas. Beliau juga menjelaskan teknologi yang digunakan perusahaan dalam merawat dan memanajemen lahan tanaman nanas di PT. GGP. Beliau penyajian video gambaran tentang perusahaan Great Giant Food, Terbanggi Besar

Sesi selanjutnya dilakukan tanya jawab dari peserta yang dipandu oleh moderator. Banyak pertanyaan yang ditanyakan untuk beliau, tentang cara budidaya di Perusahaan Great Giant Food dan apa saja startegi perusahaan agar mengelola lahan yang berkelanjutan.

Kuliah umum ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian akademis dalam pengelolaan lahan kering berkelanjutan terhadap pengetahuan PS IT FP Unila untuk pembangunan nasional. Acara ini juga dinilai berhasil sebagai forum tukar gagasan dan pengalaman dalam penyampaian pandangan tentang pertanian berkelanjutan. Kami mengharapkan kuliah umum ini mampu memberikan dorongan dan inspirasi kepada mahasiswa dan dosen/staff/karyawan PS IT FP unila terhadap Kepedulian dan bisa berkontribusi bagi pertanian berkelanjutan.

 

 

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.