Category Archives: Uncategorized

Prestasi Mahasiswa Prodi Ilmu Tanah Angkatan I Membanggakan

Bersamaan dengan berakhirnya perkuliahan Semester Ganjil 2016/2017, prestasi mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah angkatan perdana sudah dapat dievaluasi.  Hasil evaluasi berdasarkan Indeks Prestasi menunjukkan bahwa lebih dari 60% mahasiswa memiliki IP lebih besar dari 2,90.  Untuk detilnya silakan lihat Grafis.

Prestasi ini cukup memuaskan dan memberi harapan cerah untuk kesuksesan angkatan pertama ini untuk studi selanjutnya.  Namun ada satu mahasiswa yang mengundurkan diri dari Prodi Ilmu Tanah dengan alasan pindah ke perguruan tinggi swasta dengan jurusan yang diminatinya.  Semoga ke depan kesuksesan selalu menyertai mahasiswa Ilmu Tanah.

Viva Soil, Soil Solid

Mahasiswa Ilmu Tanah Mengikuti Home Stay

Pada 21 Januri 2017, mahasiswa perdana Jurusan Ilmu Tanah bersama dengan mahasiswa Jurusan Agrotekonologi, Proteksi Tanaman, dan Agronomi & Hortikultura mengikuti kuliah Praktik Pengenalan Pertanian di Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus.  Kegiatan berlangsung selama satu minggu.  Selama kegiatan mahasiswa tinggal di rumah penduduk yang mata pencariannya bertani.  Semua kegiatan yang dilakukan oleh induk semang akan diikuti oleh masing-masing mahasiswa.  Tidak hanya kegiatan induk semang mahasiswa yang bersangkutan tetapi kegiatan pertanian lain yang tidak dikerjakan oleh petani tempat mahasiswa tinggal juga akan diikuti.

Kegiatan ini sangat baik diperkenalkan kepada mahasiswa  sejak dini agar mereka sudah mengenal “apa itu pertanian” khususnya yang berkaitan dengan ilmu tanah (misalnya pupuk dan pemupukan, konservasi tanah, dll.).  Sebelum berangkat mereka sudah dibekali oleh pengetahuan umum tentang pertanian, meskipun mahasiswa sudah memperoleh kuliah Pengantar Ilmu Pertanian.  Diharapkan kegiatan ini akan membuka wawasan tentang pertanian sehingga dalam mengikuti perkuliahan selanjutnya mereka tidak ragu-ragu lagi.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mereka dan kita semua

 

Jurusan Ilmu Tanah Menambah Satu Doktor Baru, Dr. Supriatin, S.P., M.Sc.

Kembali, Jurusan Ilmu Tanah FP Unila menambah satu lagi Doktor baru, Dr. Supriatin, S.P., M.Sc.

Beliau telah lulus dari Department of Soil Quality, Wageningen University, The Netherlands, dengan judul disertasi “Selenium Speciation and Bioavailability in Dutch Agricultural Sciences: the Role of Soil Organic Matter” yang telah dipertahankan pada tanggal 6 Desember 2016.  Selama menjalankan pendidikan doktornya, beliau telah berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal Internasional terindeks scopus, yaitu:

  1. Drying effects on selenium and copper in 0.01M calcium chloride soil extractions. Geoderma. 2015.  http://www.sciencedirect.com/science/journal/00167061/255-256
  2. Selenium speciation and extractability in Dutch agricultural soils. Science of the Total Environment. 2015.  http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0048969715302035
  3. Selenium-rich dissolved organic matter determines selenium uptake in wheat grown on   Low-selenium arable land soils. Plant and Soil. 2016. http://link.springer.com/article/10.1007/s11104-016-2900-7

Selamat datang dan bergabung kembali di Jurusan/Prodi Ilmu Tanah, semoga ilmunya bermanfaat bagi kemajuan kita bersama.  Dan ucapan selamat juga patut diberikan ke Ibu Supriatin karena telah lulus Sertifikasi Dosen pada Desember 2016.  Selamat berkarya……

defense congrats

Tim Mahasiswa Ilmu Tanah FP Unila Eksis di Ajang Limit Bengkulu

TIM ILMU TANAH FP UNILA Memperoleh Tiga Juara dalam Ajang LINTAS INOVASI ILMU TANAH (LIMIT) 2016, yang berlangsung pada 21-26 November 2016 di Universitas Bengkulu.

Peserta dari mahasiswa minat penelitian IlmuTanah Jurusan AGT FP Unila terdiri dari : Nurhidayat, Galang Indra Jaya, keduanya angkatan 2013 dan M. Alfan Fauzan, Niko Fernando, Silfi Indra Sari, dan Tria Nofita, keempatnya angkatan 2014.  Ada beberapa ajang yang dilombakan dalam acara ini yaitu: Soil Judging Contest (SJC), Lomba Cerdas Cermat (LCT), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).  Selain lomba-lomba, beberapa kegiatan yang diikuti sepenuhnya oleh mahasiswa minat Ilmu Tanah tersebut adalah: Seminar Nasional, Focus Group Discussion, Upgrading, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Alhamdulillah, Ilmu Tanah Unila memperoleh juara I SJC perorangan yang dimenangkan oleh saudara Nurhidayat, Juara I SJC team (Nurhidayat, Galang Indra Jaya, M. Alfan fauzan), juara II LKTI team (Niko Fernando,  Silfi Indrasari, dan Galang Indra Jaya) dengan topik “Optimalisasi lahan bekas tambang batubara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat”, serta juara harapan I lomba LCT dengan team (Niko Fernando, Silfi Indrasari, dan Tria Nofita).  Semoga ke depan akan lebih baik lagi.  Hal ini menunjukkan bahwa Ilmu Tanah Unila tetap eksis di ajang Nasional, seperti pada masa-masa sebelumnya. Viva Soil….

full-tim piala

Program Studi Ilmu Tanah Lahir Kembali

Hello world!

Welcome to Fakultas Pertanian Universitas Lampung Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.